Senin, 24 September 2012

Murai Batu Ekor Hitam/Black Tail

Penulis : NebuchadNezar Alyoso



Berikut ini adalah visualisasi Team KOMBAT (Komunitas Black Tail) Indonesia tentang Murai Batu yang termasuk kedalam jenis Ekor Hitam/ Black Taill. 

Created by Dukun LB



KOMBAT berharap gambar ini sebagai acuan dan referensi bagi kita semua selaku member dan rekan KM lainnya diluar KOMBAT.

Visualisasi ini berdasarkan jenis MB berdasarkan habitatnya yaitu MB yang banyak terdapat di kepulauan simeuleu termasuk pulau Babi dan pula Nasi dst, Kep Nias dan Kep Mentawi, Kep Enggano, Pulau Panaitan ujungKulon, Untuk Visualisasi MB Ekor Hitam asal pulau kalimantan akan segera menyusul dikarenakan MB BT area Kalimantan mempunya konfigurasi ekor hitam yang berbeda dengan MB dari Wilayah Kepulauan di Pesisir selatan pulau Sumatra.

Berikut Adalah pengelompokan MB BT Berdasarkan Area Habitatnya

1. BT Pulau Lasia dan Pulau Babi

2. BT Pulau Pulau Bangkaru dan Pulau Tuangku 
(Point ke 1 dan 2 Lebih Dikenal dengan BT Asal Kepulauan Simeuleu Dengan Teritorial Di Samudera Hindia lebih Dekat Ke Prov Aceh, Pesisir Selatan dan Sumatera Utara pesisir selatan )

3. BT Asal Pulau Nias(Wilayahnya Dekat dengan Prov Sumatra Utara)

4. BT Asal Pulau Hibala dan Pulau Siberut, Pulau Sipura, Pulau Pagai (Utk Point 6 Lebih Dikenal Dengan BT Pulau Mentawai, Dengan Wilayahnya Dekat Ke Prov Sumatra Barat, Bengkulu)

5. BT Pulau Enggano Dengan Wilayah di prov Lampung dan Prov Bengkulu(Point 1,2, 3,4,5, Di pasaran jawa lebih dikenal sebagai BT Nias)

6. BT Pulau Panaitan Satu2nya Pulau di Jawa yg merupakan Habitat dari BT, dengan lokasi di Taman Nasional Suaka Margasatwa Ujung Kulon, Pulau Paling Ujung Timur di Pulau Jawa)

7. BT Pulau Kalimantan 

KOMBAT tidak memasukkan MB lempuyang dan MB Sabang kedalam jajaran MB Ekor Hitam dikarenakan MB sabang dan lempuyang mempunyai Warna putih yang cukup mencolok sehingga kurang fair dan kurang tepat rasanya apabila MB sabang dan MB lempuyang harus masuk kedalam Ekor Hitam.

Salam KOMBAT Nekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar