Minggu, 29 Januari 2012

Menaikan atau menurun kan BIRAHI dan EMOSI


 Bagaimana cara memantau dan mempersiapkan MB kita untuk di turun kan pada perlombaan
  Apakah ciri ciri nya bahwa momongan qta siap untuk mengikuti lomba ?

Selain ciri ciri hal hal di atas.. ada masalah: BIRAH dan EMOSI
1. Bilamana BIRAHI rendah... EMOSI tinggi ?
2. Bilamana EMOSI rendah... BIRAHI tinggi ?

Bagaimana cara nya untuk menaikan ato menurun kan BIRAHI ato EMOSI?

jawabannya ada beberapa versi :


A. Ciri MB yang betul-betul siap lomba :
  1. MB sangat responsif terhadap suara-suara tertentu.
  2. Jika diganggu langsung bereaksi, minimal dengan mendirikan bulu putih dibagian punggung atau memainkan ekor.
  3. Terkesan lebih gacor dari sebelumnya.

Birahi dan emosi sebenarnya saling mendukung, bukan bertolak belakang.
Artinya MB yang sedang birahi cenderung galak atau emosinya tinggi.

Ciri MB yang sedang birahi:

  1. Jika melihat musuh cenderung mengeluarkan suara-suara kecil sambil kepalanya dinaikturunkan (gaya merayu).
  2. MB sering main di dasar sangkar.
  3. MB sering terlihat mematuk-matuk sesuatu sebagai pelampiasan birahi.
  4.  Jika diganggu segera turun ke bawah sambil membuka sayap.

Ciri MB yang agresif (pemarah/emosional) :
1. Jika melihat musuh dari dekat, cenderung menerjang sangkar.
2. Ekor akan terlihat dicambuk-cambuk.
3. Memainkan suara kretekannya dengan jelas.
4. Tidak terlihat membuka bagian sayap.

 


B.   Biasanya sebelum lomba/ latber saya memberikan spare waktu 2 minggu buat Persiapan MB Minggu pertama (Rawatan seperti biasa hanya EF digenjot guna merangsang birahi) EF tergantung kegemaran MB dan sesuai dengan trial error yang udah kita lakoni, (fungsi masing masing EF sepertinya udah pernah dibahas)
Minggu Kedua (Rawatan mulai di takar (sesuai dampak yang terjadi pada MB) di mingu ini kita stell tinggkat birahinya. kalau MB ane bila over birahi biasanya ngejeruji + waktu subuh gacornya berlebihan.
pada minggu kedua inilah kita musti extra hati hati... kalau terlalu birahi EF dikurangi sedikit + mandi sore + krodong double... kalau masih kurang birahi ane biasa menambah EF + kuning telur puyuh + kuantitas jemur ditingkatkan. SAYA JARANG MENGGUNAKAN DOVING kecuali kondisi mb benar benar tidak vit.

kalau MB ane ciri siap tempurnya TERLIHAT DARI BENTUK KEPALA DAN EKOR kepala menjadi semakin ceper/ rata tidak membulat dan ekor menjadi rapat. bentuk badan lebih singset, ditambah dengan semakin rajin ngemplong bila krodong dibuka pagi hari sekitar jam 5.30.

  1.  Birahi rendah emosi tinggi... BIASANYA RAJIN NGEMPLONG, NEMBAK DAN NGEPLAY CUMA DURASI SUARA KURANG karena birahinya rendah sehingga kuantitas suara berkurang KADANG SUKA BERHENTI DITENGAH JALAN
  2. Emosi rendah Birahi tinggi..... MANUK CENDRUNG TURUN TANGKRINGAN/ NGEJERUJI ATAU BAHKAN NGEBETMEN + NGERIWIK SAJA JARANG MENGELUARKAN TEMBAKAN.....

itulah saya mengaris bawahi BETAPA PENTINGNYA RAWATAN 1 MINGGU SEBELUM LOMBA agar kita bisa mengontrol tingkat birai dan emosinya agar seimbang.....
sehingga kita mendapatkan
BIRAHI dan EMOSI yang seimbang dengan harapan MANUK BONGKAR ISIAN DENGAN DURASI KICAU YANG LAMA, NGEPLAY DAN NGELAWAN SETIAP MUSUHNYA TETAPI TIDAK NGEJRUJI...

satu lagi., MB UNTUK KEPENTINGAN LOMBA.!!!!
"SAYA SELALU MENGONDISIKAN MB SAYA UNTUK TIDAK GACOR DIRUMAH PADA SAAT AKAN DILOMBAKAN DENGAN HARAPAN GACORNYA HANYA DI LAPANGAN BEGITU KRODONG BURUNG DIBUKA"
selama 2 minggu saya hanya mengontrol tingkat emosi dan birahinya saja tanpa mengharapkan mb gacor dirumah itulah sebabnya saya suka mengkrodong mb sampai kadang 3 lapis.


·          




C.  Kalau saya pribadi melihat MB siap lomba, hanya dari EMOSI dan reaksinya bila mendengar siulan2 atau tepokan tangan atau rekaman suara2 MB lain, kalau dia langsung mendirikan bulu putih di punggung dan balas menembak2, berarti kondisi dia sedang siap tempur.


untuk settingan EF, porsi jangkrik dinaikan mulai 3 hari sebelum lomba sebagai bekal tenaga saat lomba dan 1 hari sebelum lomba full kerodong, selebihnya untuk UH atau EF lainnya harus dilihat karakter MBnya masing2, tidak bisa disama ratakan.




Kesimpulannya :

  1. Settingan birahi MB lebih dominan dipengaruhi oleh faktor EF dan penjemuran.Untuk mendapatkan settingan yang tepat, harus dilakukan trial error, sehingga kita tahu apa jenis EF yang tepat berapa takaran yang harus diberikan bagi si MB, sehingga tidak under maupun over.
  2. Settingan emosi dari MB cenderung dipengaruhi oleh birahi si MB. Artinya jika MB sedang over birahi relatif bisa galak demikian juga sebaliknya.

Selain itu, emosi MB juga bisa disebabkan oleh karakter dari si MB, baik karakter bawaan maupun karakter yang muncul karena pengaruh perawatan.
MB yang bertipikal emosional bisa disiasati dengan pemanfaatan mandi untuk mengurangi atau menurunkan gairah emosinya.
Sedangkan MB yang terkesan dingin juga bisa disiasati dengan cara full krodong dan tidak mandi, atau bisa juga dengan melakukan charge dengan MB betina.



 Salam Kombat (Komunitas Black Tail)

4 komentar:

  1. salam kombat.MB saya masih muda om...kalo untuk menaikkan birahi dengan maen EF UH banyak,kira-kira berpengaruh nggak ya om..???
    trima kasih...salam kombat

    BalasHapus
  2. mb sy klo digantang cuma diam2 aja ditangkringan kerja ditengah tapi cuma dikit aja diam lg,mohon solusinya om,,syahrul..081342319777

    BalasHapus
  3. Om mb saya kemaren ikut lomba di palembang Kelas VIP dapet juara 2 dan kelas executiv dapet juara 3. Tapi setelah sampai di rumah mb saya mandikan trus saya kasih TBB. Masalahnya sekarang kematen temen datang mau tes mb nya. Ehhh ntah kenapa mb saya menjeruji kandang tanpa mengeluarkan suara sedikit pun. Mohon bantuannya om

    BalasHapus
  4. Om saya mempunya murai batu. Isian mantap lengkap. Masalahnya sekarang kenapa kalau di trek murai batu saya kurang agresif. Nemang murai batu saya baru selesai mabung sekitar 1 bulan. Mohon pencerahannya om.

    BalasHapus