Senin, 30 Januari 2012

Vitamins khusus Murai Batu



Percaya atau tidak bahwa MB/ insectivores lainnya membutuhkan Vitamin B-Complex
 lebih banyak daripada vitamin yang lain. Banyak teman teman yang udah membuktikannya termasuk saya. Kenapa Vit B-Complek dibutuhkan MB?



Vitamin B complex mengandung:

Vitamin B1  
 Yang berfungsi untuk membantu tubuh MB mengolah carbohidrat menjadi energi dan juga penting untuk jantung, otot, system saraf.

Vitamin B2 
Yang juga berfungsi untuk mengolah carbohidrat menjadi energi memproduksi sell darah merah dan juga penting untuk penglihatannya.

Vitamin B6
yang berfungsi untuk membantu memproses protein yang dimakan MB sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan juga membantu produksi sell darah merah.


Vitamin B9
yang berfungsi untuk memproduksi sell darah merah juga dan DNA. 


Vitamin B12
akan membantu menambah nafsu makan dan penting juga untuk system saraf supaya bekerja dgn baik. Jadi overall Vit B-complex akan memperlancar peredaran darah di tubuh dan otak dan memelihara system saraf

Pilihlah Vit B complex yang juga mengadung BIOTIN. Biotin akan membantu proses pertumbuhan bulu terutama pada ekornya. Biotin Biasanya dipakai untuk Kuda supaya pertumbuhan kuku lebih baik. Untuk manusia bisa digunakan untuk rambut kita supaya
tidak mudah rontok dan tumbuh dgn baik. Biotin adalah juga bagian dari Vitamin B complex.
B-Complex juga bisa digunakan untuk menekan stress sehingga burung yang macet bisa
lebih cepat bunyi. Jangan menggunakan obat obat laiin yang ada dipasaran karena kita
 tidak tahu apa isi sebernarnya. Jangan mudah percaya composisi yang ada di kotak  kemasan. Bisa juga mengadung bahan kimia lainya yang sifatnya DOPING supaya burung bunyi.. tapi hanya untuk sementara waktu saja. Asal sekarang bunyi anda senang.
 Banyak supllements di pasaran Indonesia yang kemasannya asal asalan sehingga kandungan nutrisinya udah usang. Kalo saya selalu beli produck luar negeri karena qualitas lebih terjamin dan kemasan yang betul betul diperhatikan.
 Vit B complex bisa digunakan untuk hampir semua gejala sepeti burung lesu, nafsu makan berkurang, mental drop, kejang kejang, atau tiba tiba lumpuh (seperti stroke), dll.
Tidak hanya Vit B-complex yang diperlukan MB tapi juga multivitamin, mineral mineral
 dan tentu saja free form amino acids. Burung yang disangkarkan khususnya MB biasannya mendapatkan makanan sesuai apa yang diberikan oleh perawatnya dan tentu saja sangat terbatas. Di Habitat aslinya, MB bisa makan serangga sepuas-puasnya dan tentu saya sangat bervariasi dalam 1 hari menu. Banyak dari Pecinta MB di tanah air hanya memberikan kroto, ulat HK dan jangkrik saja. Tentu saja tidak cukup. Dan banyak penghobi burung yang hanya bisa merawat burung yang pokonya gacor dan kalo sakit bingung obatnya. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Teman teman, oleh sebab itu kita harus memberikan vitamins dan minerals dan juga amino acids. Percaya saya Mb anda pasti akan lebih fit daripada MB yang hanya di beri EF bervariasi saja.
Vitamin E.. sangat baik untuk mengkilapkan bulu bulu dan memacu birahi pada MB. Saat yang paling tepat pemberian vitamin E adalah pada saat mabung. Terlalu banyak pemberian Vitamin E bisa mengakibatkan false molt/ mabung tidak pada waktunya. Jika MB anda mengalami problem bulu (tidak mau mabung pada waktunya), anda bisa mengaplikasikan teknik ini. (tapi gak jaminan 100% bisa)  Nah.. itu terserah anda semua. kelihatnnya sih burung burung MB kita manja manja dan  kita menjadi slave-nya MB.. tapi.. kalo berani memelihara ya itu consequence-nya. 


Merek Vitamins yang saya gunakan:
 
1. VYDEX VITASO
L buatan Inggris.
     Multivitamins yang complit. temasuk di dalamnya  adalah minerals, free form amino acids, calcium, vit c, dll. Anda bisa beli di (nggak bakalan nyesel beli ini deh)
 
2. VYNKA buatan Jerman.  
    Multivitamins yang juga lumayan komplit (tidak sekomplit Vydex VITASOL). Mengandung cukup bagus multivitamins tapi (mungkin, saya lupa)  tidak mengandung minerals dan free form amino acids. Anda bisa beli di toko penjual pakan burung (cari yang tokonya besar dan bermodal) karena harganya relatif mahal. sebotol tanggung terakhir saya beli seharga Rp 80 ribu.

3. B-COMBION DROP Vitamins khusus MB
untuk BAYI. 

4. Vitamin E (Natural E) belinya juga diApotik
5. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT B-Complex 
     (tidak lagi menggunakannya karena habis). Saya belinya di GNC store Singapore

6. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT  
     Minerals dan free form amino acids buatan USA. (tidak menggunakan lagi karena udah pakai Vitasol yang complit).Mineral.. saya rasa sudah seperti vitamins yang pasti tidak asing lagi bagi kita. kalo amino acids? Amino acids biasanya digunakan oleh para bodybuilder. Amino acids adalah molecul molecul dari protein yang udah di olah sangat mendasar sehingga bisa langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui system pecernaan yang panjang. Sehingga hasilnya pembentukan otot dan daging tanpa lemak.   Mineral dan asam amino acids ini tidak begitu perlu karena bisa didapat dari EF yang bervariasi yang dimakan oleh MB. Anda bisa membelinya di toko toko penjual supplements seperti GNC store. Saya membelinya di GNC Store Singapore Dibawah adalah takaran yang saya sarankan....(saya berikan ke MB saya dan so far baik  baik saja) 

Untuk MB sehat:
Multi vitamin vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drops vitamin B complex.  berikan 3 kali seminggu bergantian hari. mis: senin, rabu, sabtu sebanyak kira- kira 1/2 tetes disuntikkan ke jangkrik.

Untuk MB trotol:
Multivitamins Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jangung) ditambah 40-45 drops. Berikan 3 kali seminggu dan ditambah 1x seminggu B-complex aja. Mis: senin, rabu,jumat, dan + sabtu sore (hanya B-complex saja). Takaran sama 1/2 tetes per serving/day.

Untuk MB sakit (bukan sakit diakibatkan infeksi atau terkena infeksi bacteria):
Pada pertolongan awal berilah 1/4cc (5 tetes) langsung ke mulutnya atau kalo masih mau makan bisa disuntikan ke jangkrik sampai 1/4cc tadi dan MB nya harus memakannya sampai habis dalam sekali proses cerna. Artinya entah gimana caranya anda memberikan  makan pada intinya 1/4 cc harus masuk ke tembolok dalam waktu singkat sehingga bisa di proses bersamaan. Biasanya MB akan menunjukan gejala membaik dalam tempo beberapa jam sampai sehari. Selanjutnya takaran di berikan seperti burung waktu mabung sampai fit betul dan sesudahnya takaran kembali seperti burung sehat. 

Untuk MB mabung:
Multivitamin Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drop B-
Complex. berikan 4-5 kali seminggu dgn takaran 1/2 tetes disuntikkan ke jangrik. Dan
juga B complex saja 1-2 kali seminggu. Jangan lupa Vitamin E disuntikkan ke jangkrik 3
kali seminggu. Bisa bersamaan dgn pemberian multivit+b-complex atau bergantian hari



Semoga Bermanfat,

Komunikasi Black Tail (KOMBAT)





10 komentar:

  1. Maaf gan numpang tanya VYDEX VITASOL belinya ndek mana ya ...

    BalasHapus
  2. Terus Vitamin2 tersebut diatas, di indonesia belinya dimana ?

    BalasHapus
  3. Untuk pemakaian Vit B Complex pada murai dosis nya brapa? Mohon infonya
    tetima kasih

    BalasHapus
  4. Becombion drop d tempat saya sdh susah d cari , bisa d ganti oleh merk lainnya gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditempat saya masih tersedia banyak. kalo berminat....

      Hapus
  5. Boleh om surya , saya titip b combion dropnya ... D tempat saya ada b combion drop tp bukan yg buat bayi tp anak.anak ada rasa jeruknya ...

    BalasHapus
  6. thanks gan informasinya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi juga OBAT STROKE ALAMI DENGAN 100% EKSTRAK DAUN PEGAGAN

    BalasHapus
  7. Gan klo beli videx vitasol dimana ya?harganya berapa?

    BalasHapus
  8. Maksud dari 30-40 drop B komplek itu sberapa takarannya

    BalasHapus