Senin, 06 Februari 2012

MB Ekor Hitam dari Kepulauan Kecil di sekitar Aceh



Kadang orang banyak menilai setiap MB Ekor Hitam adalah MB Nias, dengan tulisan saya ini mencoba mengupas Jenis Murai Batu Ekor Hitam ( Black Tailed Shama)


MB Nias kebanyakan berekor hitam mulus, sama seperti MB dari Siemelu (orang Aceh bilang MB Sinabang Cirinya: body agak kecil kepala kecil ekor pendek biasanya ), sama dgn MB Mentawai dan Pulau Pagai (orang Sumbar bilang MB Pagai).MB dari pulau Lasia ( cirinya: bodynya gede ekor agak panjang), Mb pulau lempuyang (Cirinya :dari ke 6 pasang ekornya, 3 dari atas item total, 3 kebawahnya lg ada warna putih berdiameter 1cm pada ujungnya. Mb dari Sabang (cirinya hampir mirip dgn Mb Lempuyang hanya ekor lebih panjang sayang jenis sudah langka) mb Kesemuanya adalah MB kepulauan.




MB Nias kebanyakan berekor hitam mulus tidak ada noda putih




 MB asal Sinabang/ Siemelu terkadang ada totol putih sedikit di ujung ekornya
 






MB asal P. Sabang, Aceh diusia muda ekornya mencapai 23 - 26 cm





MB asal P.Lasia, Aceh . bodi lebih besar dari MB Sinabang/Simelu




MB asal Lempuyang, Aceh susanan ekor putihnya 3 hitamnya 3



Secara umum kualitas mental tempur MB ekor hitam sangat bagus dan bersuara tembus, melengking hanya saja minusnya sering ngeban dan ngukluk yang diulang ulang , tapi dengan seiring bertambah usia mapannya MB tersebut akan makin stabil dalam berolah vokalnya. Terbukti sekarang sudah mulai banyak MB ekor hitam yang tampil dan juara di ajang kontes MB Nasional . Jadi tetap semangatlah walau anda memiliki MB yang sebelumnya dianak tiri kan dan dibilang MB murahan tapi dengan seiring waktu terjawab sudah kehebatan MB ekor Hitam ini yang mampu turun 3 sesi dalam kontes.   


Semangat kawan dan jangan menyerah .Jangan Ragu gantangkan ekor hitam dalam setiap even. Salam KOMBAT



Sumber :  Kombat (Komunitas Black Tail) 
Foto      : Qorry S, Kombat
Penulis  : Ayahnya Aiz & Ismu Ista

2 komentar: