Sabtu, 11 Februari 2012

POLA PAKAN SAAT RONTOK BULU

Merawat jenis burung seperti Murai Batu  perlu penangan extra khususnya disaat memasuki dan pasca mabungnya, karena kestabilan burung dilapangan kelak disaat kondisi juga ditentukan saat perawatan dimasa mabungnya.bila perawatan di masa mabungnya tidak maksimal burung bisa rusak dan ini akan terus berlanjut dan butuh waktu lama dalam mengkondisikan untuk mengembalikan keperforma asalnya.


Masa masa istirahat/mabung memang butuh waktu lama, sejak awal ambrol hingga rapih bulu dan pengkondisian bulu muda sampai siap lomba butuh waktu 3-4 bulan.

Disaat bulu burung jatuh dan ambrol minggu pertama mulai mabung burung harus istirahat total.Pemberian EF seperti  jangkrik dikurangi, pagi cukup 1ekor jangkrik dan sore harinya1-2 jangkrik. Kroto diberikan seperti biasanya sesuai dengan pola hariannya. Masuk bak mandi cukup 3-4hari sekali,meskipun tdk mandi kotoran tetap dibersihkan.Benar benar istirahat full krodong.


Di masa pertumbuhan bulu, burung ditempatkan diruang khusus ditempel burung -urung master sesuai selera dgn memahami karakter suara dari siburung.


Pasca mabung ambrol,selama pertumbuhan bulu muda butuh waktu 1 bulan, pada pertumbuhan bulu muda burung juga belum masuk kandang umbar dan tidak dijemur. Bila bulu muda sudah rapih, burung tetap istirahat dengan penanganan mengkondisikan keperawatan lomba.setelan EF kembali disetting seperti semula sebelum mabung. butuh waktu untuk mengembalikan stamina burung hingga memasuki bulu tua kurang lebih juga butuh waktu sekitar satu bulan agar burung benar benar Vit, setelah itu baru dijemur secara bertahap sekaligus.di umbar. Menu EF dikembalikan seperti semula sebelum mabung, namun biasanya sedikit berubah ditambah atau dikurangi atau bahkan tetap seperti semula, tergantung kondisi burung apakah lebih agresip atau sebaliknya. Ini bisa dilakukan dengan cara ditrek setelah burung kondisi dengan bulu burung sudah nampak terlihat tua. Bisa dengan lewat turun dilatber, diusahakan jangan langsung turun di event gede. Di test latber tujuannya agar mental burung terdongkrak lagi setelah lama istirahat mabung. Selain itu kita juga pantau perkembangan karakternya sebelum dan sesudah mabung apakah EFnya harus dirubah atau sebaliknya di tambah. Setelah 2-3kali melewati test case dan burung sudah 100% kondisi, perawatan utk persiapan event besar sudah bisa dilakukan




salam,

KOMBAT
Komunitas Black Tail





sumber : tabloid agrobur by Fany mekanik Cantona279 SF juni 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar