Kamis, 09 Februari 2012

Tips dan Trik Merawat Anakan Murai Batu


Group KOMBAT Komunitas Black Tail



Angkat Anakan
Saya biasanya angkat anakan umur 4 - 6 hari lihat sikon sibuk apa gak. Soalnya anakan perlu rawatan khusus setiap jam harus ngeloloh.
Anakan umur 10-11 hari biasanya sudah mulai belajar nangkring om, jadi klo ambil idealnya umur 7-8 hari.
biasanya kalau lebih 10 hari sudah bisa terbang, dalam fase tersebut biasanya sudah takut sama orang & semakin sulit diloloh mendingan dibiarkan sampai makan sendiri tapi kendalanya si induk akan lebih lama untuk produksi lagi. Kalau masih di sarang jagan difoto atau diganggu, kuatir induknya ngambek/marah.
Kalau menurut saya usia 1 minggu sebaiknya diambil karena lebih enak mantaunya, sekalian belajar ngeloloh .
Kalau angkat anakan kita harus siapin tempat sarang buat anak, sangkar kecil yang samping kanan kiri ditutup kardus/kain, dalam sangkar kasih lampu 5 watt taruh diatasnya., syukur-syukur kalau punya incubator lebih enak lagi.

Kotak Incubator Sederhana dan Suhu yg Ideal
Kotak incubator cuma pakai kotak triplek dicat cuma pintu depan agak lebar kan belum bisa terbang terus dilubangi dikasih kasa nyamuk, atasnya kasih lampu 5 watt, kalau terlalu panas lampunya saya matikan. gitu saja , tidak perlu yang mahal-mahal. 
Suhu dalam kotak kalau masih umur 5 hari antara 29 °C - 33°C. semakin besar cukup 30°C saja.  Dalam kotak saya kasih termometer untuk mengecek suhu. Lampu saya nyalain lihat cuaca , kalau siang panas ya saya matiin, malam juga begitu klo dingin saya nyalain. 

Meloloh
Saya mulai ngeloloh jam 6 pagi, sebelum sempat buat adonan makanan biasanya saya kasih jangkrik kecil (sebesar biji kedelai atau besaran dikit) masing-masing 5 ekor setelah dibuang kepala & kaki-kakinya. Setelah itu kita buat adonan yang banyaknya disesuaikan jumlah anakan misal anakan ada 2 ekor cukup voer fancy 2-3 sndok makan, kroto bersih 2-3 sendok dituang air panas/mendidih secukupnya, biarkan mengembang baru diaduk + vitamin untuk menjaga kesehatan anakan (saya pakai "vitachicks" untuk anak ayam.murah meriah) dosis secukupnya.
Adonan bisa kita campur cacing potongin kecil-kecil sebelumnya cuci bersih sama air hangat/panas cukup 2-3 hari sekali. Adonan jangan sampai basi mending habis buat lagi, biasanya saya buat 2x sehari. 
(cacing bisa dicampur ke adonan atau dikasih langsung tapi hrs dipotong kecil-kecil di cuci dengan air hangat dulu).
Anakan disuapi bisa menggunakan sumpit atau buat sendok kecil, adonan jagan terlalu encer atau terlalu padat, disesuaikan umur anakan. 
Ulat hongkong/kandang jangan dulu karena sulit dicerna nanti saja kalau umur 25 hr sambil belajar makan sendiri.

Pemasangan Ring
Sedangkan untuk pemasangan ring umur 10 hari karena biasanya umur 11 hari sudah belajar nangkring.

Penjemuran
Untuk anakan umur 15 hari biasanya baru saya jemur 10 menit  dan  belum berani dimandiin, setelah umur 25 hari saya jemur 15 menit sambil dimandiin dengan disemprot halus. begitu seterusnya bertambah umur penjemuran ditambah begitu juga dengan   penyemprotan.Air  .di semprot dengan spray yang halus seperti hujan.

Pengalaman yg lalu
Saya saja kalau sudah netes mesti binggung apalagi kalau sudah hari ke 5 pengen segera diangkat, soalnya pengalaman yang dulu-dulu begitu, setiap masuk hari ke 7-10 mesti ada yg mati. Sekarang hari ke 5 langsung saya angkat siapin dulu adonan pakan voer+kroto+vitamin jadi kelainan pada anakan bisa segera dapat diketahui. 

Permasalahan Kaki Anakan Lemah
Kalau kaki lemah berarti kurang zat kapur, kalau diloloh sendiri adonan bisa ditambah zat kapur bisa di beli di apotik. 








Semoga Bermanfaat,

KOMBAT  (KOMUNITAS BLACK TAIL)






 Sumber : Om Sapta Putra

1 komentar:

  1. Terima Kasih bro,
    Sangat bermanfaat sekali nih untuk yg mau memulai ternak murai batu (seperti saya) hhehehe ..

    BalasHapus