Minggu, 05 Februari 2012

MURAI BATU BERDASARKAN TERITORIAL


Kebanyakan rekan2 selalu bertanya:  Asal Usul MBnya darimana ? (padahal jawabnya sederhana kalau tdk dr Pasar Burung atau dari teman). Padahal pada kenyataannya sepanjang wilayah Sumatera memiliki kemiripan kalau berdasarkan asalnya.

MURAI BATU BERDASARKAN TERITORIAL

1. Muray Batu Kawasan pesisir
Memiliki postur yang agak ramping dan ekor sedang namun sebagian besar tidak memiliki ekor putih, suaranya isian alam agak kurang karena medan tempurnya pesisir. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan MB ini disenangi:
1) Karenan lokasi pegunungan yg langsung berhadapan dengan laut (tebing2 di kawasan pesisir ) dengan tingkat persaingan yg sangat keras dengan predator dan sumber pakan yg terbatas ( sehingga tidak rewel dengan makanan ),
2) Secara alami memiliki temperamen & mental yang sangat bagus, sehingga cepat beradaptasi dengan manusia & lebih cepat bunyi...( tentunya perawatannya baik )
3) Postur tidak terlalu besar, dan bulu dada yg kurang tebal, tetapi memiliki fisik yang lebih lincah dan kuat dengan vol. yg diatas rata2. (dialamnya sering terbang nentang angin, dan naik turun dari tebing terjal dipinggiran laut)

2. Muray Batu kawasan pegunungan lebat
Memiliki postur rata-rata jumbo dan ekor bervariasi, namun MB dari kawasan ini terkenal galak dan ganas, isian alam MB daerah ini luar biasa apalagi kalau bisa mendapatkan yang muda hutan untuk dimaster. Isian alam MB kawasan hutan lebat biasanya hampir semua suara yang
ada dihutan tsb (suara burung-burung hutan, jangkrik hutan, siamang, monyet dan
suara-suara aneh lainnya dipadukan dengan tembakan-tembakan/besutan kasar
dan tajam). Kelebihan MB dari daerah ini yaitu tadi ......banyak isian
alamnya

3. Muray Batu kawasan pegunungan lebat dengan memiliki air terjun
Postur badan dan isian hampir sama dengan MB dari kawasan pegunungan lebat tetapi lebih memiliki suara isian alamnya mendesir dan menderu dan dipadukan dengan suara alam sekitar air terjun tsb, biasanya sebelum bunyi ada intronya dulu. Biasanya kawasan ini di dominasi MB berkaki hitam (mengapa dan kenapa belum pernah diteliti).
..Kekurangannya sedikit liar karena jarang berjumpa dengan manusia dan
agak susah makan makanan instan (voer) .Ciri fisik biasanya MB dari daerah ini
bodynya besar2,karena tersedianya makanan yg melimpah dan air serta
lingkungan/habitat tempat tinggal.tetapi ada beberapa yang posturnya kecil(tdk dominan)

4. Muray Batu kawasan air terjun/ngarai
Memiliki karakter yang tenang dan pandangan yang teduh, memiliki suara alam yang khas (menderu dan mendesir), posturnya rata-rata ramping dan warna bulunya agak pudar/tidak mengkilap.


Catatan:
Namun dengan kondisi sekarang ini, akibat maraknya penebangan hutan secara liar serta perburuan yang merajalela. Banyak MB yang bermigrasi dari wilayah yang satu ke wilayah lainnya, maka tidak bisa kita mengatakan kalau MB yang ekor hitam hanya ada disatu wilayah saja.


KOMBAT (Komunitas Black Tail)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar